Pages

Selasa, 22 Januari 2013

Contoh Resensi Bahasa Indonesia Kelas IX

MENGENAL KEHIDUPAN PANTAI DAN LAUT

Judul                          : Pantai dan Kehidupannya
Pengarang                  : Edy Karsono
Penerbit                      : PT. INDAHJAYA Adipratama
Tahun Penerbitan    : Cetakan I tahun 1996
  Cetakan V tahun 2003
Kota Penerbitan        : Bandung
Jumlah Halaman       : 64

Edy Karsono ialah pengarang dari buku berjudul Pantai dan Kehidupannya yang mengungkapkan bahwa pantai itu manfaatnya bukan hanya sebagai tempat berekreasi, banyak sekali manfaat-manfaat pantai yang sangat penting bagi manusia. Contohnya saja dalam bidang ekonomi, pantai sangat bermanfaat bagi penduduk sekitarnya untuk mencari nafkah sebagai nelayan. Selain sebagai mata pencaharian, pantai juga banyak sekali makhluk hidup yang hidup di sana yang memilki berbagai manfaat yang beragam. Misalnya burung-burung laut yang bisa diambil telur dan dagingnya. Siput, udang, lokan, tiram, dan remis untuk dimakan atau dijual ke pasar. Anjing laut yang bisa dimanfaatkan dagingnya untuk dimakan dan bulunya untuk bahan pakaian orang-orang kaya di kota-kota besar.

 
Buku ini juga bukan hanya sekedar menjelaskan manfaat-manfaat pantai saja, melainkan buku ini juga menjelaskan tentang bagaimana sejarahnya pantai, apa saja bencana yang dapat terjadi di pantai, mengapa pantai harus dijaga kelestariannya, dan juga contoh-contoh negara yang menyalahgunakan pantai sehingga menyebabkan pantai dan makhluk hidup di sekitarnya menjadi terganggu.
Selain itu pula, buku ini juga menceritakan berbagai macam hewan dan tumbuhan yang hidup di pantai, mulai dari kebiasaannya, caranya hidup dan mencari makan, caranya menghindari pemangsanya, dan lain-lain hal yang dapat kalian pelajari dari buku ini.
Buku ini juga menjelaskan dalam bentuk kalimat yang tidak terlalu rumit sehingga mudah dipahami oleh pembacanya. Walaupun disajikan dalam kalimat simpel yang sederhana, buku ini tidak menyajikan gambar-gambar berwarna melainkan hitam-putih saja namun relevan dengan topik yang dibicarakan dan cukup memberi gambaran informasi yang jelas. Itulah yang menyebabkan buku ini terasa sedikit membosankan, namun sangat berguna bagi kita.
Ø Kelebihan:
- Informatif, lengkap, dan logis
- Menggunakan kalimat yang sederhana sehingga memudahkan yang membacanya
- Terdapat gambar yang relevan
Ø Kekurangan:
- Desainnya tidak menarik
- Gambar yang disajikan tidak berwarna

Ø Kesimpulan:
Buku “Pantai dan Kehidupannya“  memiliki isi yang informatif, lengkap, logis, dan menggunakan bahasa yang sederhana. Sehingga Pembaca dapat membaca dan memahami dengan mudah. Namun desain dan gambarnya masih kurang menarik sehingga pembaca kurang nyaman.

0 komentar:

Posting Komentar